Gangguan Kekurangan Vitamin

 Penyakit Kekurangan Vitamin
Vitamin merupakan zat yang mengambil peran penting untuk tubuh manusia. Bagi manusia, kebutuhan vitamin dan adalah menjadi jaminan kesehatan kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Karena tubuh manusia tidak dapat memroduksi vitamin secara sendiri. Tubuh mendapatkan vitamin melalui proses pencernaan dari makanan yang kita konsumsi.
Konsumsi pola makan sehat sangat menunjang kehadiran vitamin dalam menjawab kebutuhan vitamin pada tubuh sesuai dengan tingkat usia dan kebutuhannya. Betapa pentingnya vitamin yang merupakan zat senyawa kompleks untuk memperkecil peluang manusia terkena penyakit
Hasil gambar untuk vitamin pada makanan
a.      Vitamin A (retinol)
Sistem kekebalan tubuh membutuhkan vitamin A dalam jumlah kecil untuk membantu melawan infeksi. Vitamin A juga penting bagi pertumbuhan dan reproduksi.
Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kerusakan penglihatan. Kekurangan vitamin A merupakan penyebab utama kebutaan pada anak.
Diperkirakan 250.000-500.000 anak-anak yang kekurangan vitamin A menjadi buta setiap tahunnya. Setiap tahunnya seetengah dari anak-anak tersebut meninggal. Kekurangan vitamin A juga menyebabkan rabun senja dan meningkatkan resiko kematian anak, terutama karena diare dan campak, serta meningkatkan angka kematian ibu.

b.      Vitamin D
Mengakibatkan pertumbuhan & perbaikan tulang yg abnormal, rakitis pada anak², osteomalasia pada dewasa, kejang otot

c.       Vitamin E
Mengakibatkan pecahnya sel darah merah, kerusakan saraf


d.      Vitamin K
Mengakibatkan perdarahan

e.       Vitamin B (tiamin)
Mengakibatkan beriberi pada anak & dewasa, disertai kegagalan jantung dan fungsi saraf & otak yg abnormal

f.       Vitamin B2 (riboflavin)
Mengakibatkan Bibir & sudut mulut pecah² & bersisik, dermatitis

g.      Vitamin B6 (Pridoksin)
Mengakibatkan kejang pada bayi, anemia, kelainan saraf & kulit

h.      Vitamin B12 (kobalamin)
Mengakibatkan  anemia pernisiosa & anemia lainnya (pada vegetarian yg menderita cacing pita ikan), bebrapa kelainan psikis, gangguan penglihatan
Kekurangan Vitamin B12 (cobalamin) menyebabkan kerusakan saraf, anemia megaloblastik, dan gangguan fungsi kekebalan tubuh sehingga pada akhirnya akan mengalami gangguan kesehatan lainnya. Jika terjadi pada bayi dan anak-anak maka akan sangat menghambat perkembangan mereka.

i.        Vitamin C
Mengakibatkan scurvy (perdarahan, gigi rontok, peradangan gusi)
sumber: http://shetyadam.blogspot.co.id/2011/10/penyakit-yang-ditimbulkan-akibat.html




Komentar

Postingan populer dari blog ini

GERAK NASTI

MEKANISME PENDENGARAN PADA HEWAN