Upaya Menjaga Sistem Pencernaan Manusia

1. Diet makanan tinggi serat : Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat seperti biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan bisa meningkatkan Anda kesehatan pencernaan. Serat bermanfaat membantu menjaga makanan supaya mudah bergerak melalui saluran pencernaan, sehingga mengurangi resiko sembelit. Hal ini juga dapat membantu mencegah atau mengobati berbagai macam masalah pencernaan, seperti  wasir dan sindrom iritasi usus besar. Selain itu, hal ini juga dapat membantu mempertahankan berat badan yang ideal. 

2. Konsumsi serat : Ada dua jenis serat makanan, yaitu serat larut dan tak larut. Masing-masing bermanfaat membantu sistem pencernaan, namun dengan cara yang berbeda. Serat jenis larut bersifat tidak dapat dicerna oleh tubuh, sehingga membantu mengumpulkan semua kotoran. Serat larut bermanfaat mencegah kotoran yang terlalu encer. Sumber serat larutyang baik termasuk dedak gandum, oat, sayuran, dan biji-bijian. Baca juga :  Manfaat serat makanan
 3. Batasi makanan yang banyak mengandung lemak : Makanan berlemak secara umum cenderung memperlambat proses pencernaan, sehingga membuat Anda Anda lebih rentan sembelit. Tapi  juga penting untuk mendapatkan beberapa lemak dari diet. Menambahkan makanan tinggi serat pada makanan berlemak dapat mempermudahnya pada sistem pencernaan. 
4. Memilih daging tanpa lemak : Protein merupakan salah satu komponen penting yang harus ditambahkan kedalam diet yang sehat, namun tambahan lemak dari dagingbisa menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan. Pada saat Anda makan daging, pilihlah potongan yang tipis tanpa lemak, dan daging unggas tanpa kulit. 
5. Menambahkan probiotik dalam diet : Probiotik adalah bakteri sehat alami yang hidup dalam saluran pencernaan Kita, membantu menjaga tubuh tetap sehat dengan cara mencegah efek dari pola makan yang buruk, antibiotik, dan stres. Selain itu, probiotik juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, membantu memecah laktosa, memperkuat sistem kekebalan Anda, dan bahkan bisa membantu mengobati sindrom iritasi usus besar. Sumber baik probiotik yang baik seperti yoghurt rendah lemak. 
6. Makan teratur sesuai jadwal : Mengkonsumsi makanan dan makanan ringan dengan jadwal yang teratur bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Mulai dari makan sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan pada waktu yang sama setiap hari. 
7. Cukup asupan cairan : Minum banyak air baik untuk kesehatan pencernaan. Peran Air didalam sistem pencernaan adalah membantu melarutkan lemak dan serat larut, sehingga memungkinkan mudah untuk melaluinya. 
8. Hilangkan kebiasaan buruk : Kebiasan mer*okok, ngopi, dan minuman beralk*hol yang berlebihan dapat mengganggu fungsi sistem pencernaan, yang bisa menyebabkan masalah seperti maag dan ulkus.
 9. Berolahraga secara teratur : Olahraga teratur akan membantu makanan lebih mudah bergerak melalui sistem pencernaan, sehingga mengurangi resiko sembelit. Olahraga teratur juga membantu mempertahankan berat badan yang ideal atau sehat, yang baik untuk kesehatan pencernaan. Buatlah jadwal olahraga yang secara teratur Anda lakukan dalam seminggu. Baca juga : Penyakit akibat kurang olahraga
 10. Mengelola stres dengan baik : Terlalu banyak mengalami stres atau kecemasan bisa menyebabkan sistem pencernaan terganggu. Dengan demikian lakukan kegiatan-kegiatan atau kegemaran yang bisa mengurangi stres Anda secara teratur. Gangguan pencernaan bisa menjadi kondisi medis yang serius, sehingga melakukan tindakan pencegahan yang dimulai dari merubah gaya hidup adalah cara yang terbaik.
sumber: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/cara-menjaga-kesehatan-pencernaan.html
Hasil gambar untuk upaya menjaga sistem pencernaan manusia


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ELEKTRONIKA DIGITAL

Kondensor