RSS

TEKANAN GAS PADA PROSES PERNAPASAN MANUSIA

Tekanan gas di sistem pernapasan manusia dapat terjadi akibat perubahan volume paru-paru kita. Bila volume paru-paru membesar, tekanan akan turun dan udara masuk ke paru-paru. Bila volume paru-paru menurun, tekanan akan naik dan udara keluar paru-paru

Hasil gambar untuk TEKANAN GAS PADA PROSES PERNAPASAN MANUSIA
Hukum gas ideal yang menyatakan bahwa:

pV = nRT

p = nRT / V

dimana:
p = tekanan
V = volume
n = jumlah molekul
R = konstanta gas ideal
T = suhu

Dari sini terlihat bahwa tekanan (p) berbanding terbalik dengan volume (V) artinya, bila volume meningkat (mengembang), maka tekanan akan menurun. Sebaliknya, bila volume menurun (mengempis), maka tekanan akan naik.

Prinsip perubahan tekanan akibat perubahan volume ini terjadi pada saat kita bernafas. Udara akan bergerak dari tempat dengan tekanan tinggi menuju ke tempat bertekanan rendah. Dengan mengatur volume paru-paru, kita bisa mengatur tekanan udara di paru-paru, dan pada akhirnya mengatur apakah udara keluar atau masuk di tubuh kita.

Saat kita menarik nafas, diafragma akan bergerak ke atas, volume paru-paru akan meningkat, dan tekanan udara di paru-paru akan menurun. Akibatnya, udara dari luar tubuh kita akan masuk ke dalam paru-paru.

Demikian pula sebaliknya, saat kita menghembuskan nafas, diafragma akan bergerak turun, volume paru-paru akan berkurang, dan tekanan udara di paru-paru akan meningkat. Akibatnya, udara di dalam tubuh kita akan tertekan sehingga keluar dari paru-paru.


sumber: https://brainly.co.id/tugas/13902478

0 komentar:

Posting Komentar

About

Hamburgars